TABEL Rancangan Kegiatan Pembelajaran Fase E
SEMESTER 1
CP (Target
Pembelajaran) |
Topik |
Kegiatan |
Link
materi dan LKS |
Pertemuan |
Literasi
tambahan |
Mengalami • A.1. Mengalami,
merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya
seni rupa dari berbagai budaya era • A.3 Mengamati,
merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi serupa. |
Unit 1: Pengenalan Seni Rupa Di Sekitar Kita |
Definisi dan Fungsi Seni Rupa dalam
Kehidupan Manusia |
1 |
https://serupa.id/seni-rupa-kontemporer/ https://serupa.id/seni-rupa-modern-penjelasan-para-ahli/ https://serupa.id/seni-rupa-pengertian-fungsi-wujud-dsb/ https://serupa.id/seni-rupa-tradisional-pengertian-sifat-ciri-sejarahdan-contoh/ |
|
Klasifikasi Karya Seni Rupa
Berdasarkan Waktu Perkembangannya |
2 |
||||
Mengalami • A.1. Mengalami,
merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya
seni rupa dari berbagai budaya era. • A.3 Mengamati,
merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi serupa. Merefleksikan • R.1 Menghargai
dan memahami pengalaman estetik dan pembelajaran artistik. • R.2 Mengamati,
memberikan penilaian dan membuat hubungan antara karya pribadi dan orang lain
sebagai bagian dari proses berpikir tingkat tinggi dan bekerja artistik. |
Unit 2: Mengamati dan Mendeskripsikan karya Seni Rupa |
Pengalaman Mengamati Karya,
Mendeskripsikan dan Menganalisis Karya Seni Rupa |
3 |
https://issuu.com/acip/docs/buku-seni-rupakita-fa/ |
|
Mengetahui tempat-tempat Karya Seni
Rupa dan cara mengapresiasi karya seni |
4 |
||||
Mengalami • A.1. Mengalami,
merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya
seni rupa dari berbagai budaya era. • A.2. Eksplorasi
aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses. • A.3 Mengamati,
merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi serupa. Menciptakan • C.1
Menggunakan aneka media, bahan, alat,
teknologi dan proses dengan keterampilan, kemandirian dan keluwesan yang
makin meningkat untuk menciptakan atau mengembangkan karyanya. • C.3 Memilih,
menggunakan dan/atau menggabungkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan
proses yang sesuai dengan tujuan karyanya. Merefleksikan • R.1 Menghargai
dan memahami pengalaman estetik dan pembelajaran artistik. |
Unit 3: Pengenalan Aneka Bahan dan Teknik Berkarya 2D |
Definisi, Fungsi, Unsur dan Ragam
Karya 2D |
5 |
https://serupa.id/seni-rupa2-dimensi-pengertian-contoh/ https://serupa.id/pengertian-menggambar-jenis-teknik-alat-pendapat-ahli/ |
|
Bahan dan Alat yang digunakan dalam
Karya 2D, bahan dari sekitar yang dapat digunakan untuk Membuat karya 2D |
6 |
||||
Membuat Karya 2D dengan Bahan Temuan |
|
7 |
|||
Mengalami • A.2
Eksplorasi aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses. Menciptakan • C.1
Menggunakan aneka media, bahan, alat,
teknologi dan proses dengan keterampilan, kemandirian dan keluwesan yang
makin meningkat untuk menciptakan atau mengembangkan karyanya. • C.3 Memilih,
menggunakan dan/atau menggabungkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan
proses yang sesuai dengan tujuan karyanya. Berpikir dan Bekerja Artistik • BBA.1
Menghasilkan, mengembangkan, menciptakan, mereka ulang/merekonstruksi dan
mengkomunikasikan ide dengan menggunakan dan menghubungkan hasil proses
Mengalami, Menciptakan dan Merefleksikan. • BBA.2 Memiliki
kepekaan untuk merespon dan menyambut tantangan dan kesempatan di
lingkungannya. • BBA.3
Menghasilkan karya kreatif dan inovatif, baik aplikatif maupun ekspresif
sebagai bagian dari berpikir kritis, merasakan dan menghayati serta
menuangkan gagasan secara sistematis dan teknologis. |
Unit 4: Konsep Eksplorasi dan Eksperimentasi Karya SeniRupa |
Konsep Eksperimentasi dan Eksplorasi dalam Membuat Karya Seni Rupa |
8 |
https://www.dosenpendidikan.co.id/gambar-nirmana/ |
|
PIlihan-pilihan kegiatan untuk mengenal alat, teknik, proses dan teknologi yang akan dipakai
dalam berkarya: 1. pengenalan konsep10 kesetaraan, 2. wacana setara, 3. latihan penggunaan elemen seni
rupa |
9 |
||||
Mengalami • A.1. Mengalami,
merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya
seni rupa dari berbagai budaya era. • A.2
Eksplorasi aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses. Menciptakan • C.1
Menggunakan aneka media, bahan, alat,
teknologi dan proses dengan keterampilan, kemandirian dan keluwesan yang semakin
meningkat untuk menciptakan atau mengembangkan karyanya. • C.3 Memilih,
menggunakan dan/atau menggabungkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan
proses yang sesuai dengan tujuan karyanya. Berpikir dan Bekerja Artistik • BBA.2 Memiliki
kepekaan untuk merespon dan menyambut tantangan dan kesempatan di
lingkungannya. |
Unit 5: Kreasi Karya Seni Rupa 2D |
Pilihan-pilihan kegiatan untuk latihan merealisasikan konsep karya 2D |
10 |
http://std-bali.ac.id/blog/mengenal-seni-mandala-designinpiration.html#.X81bmOkzaRs https://www.kemenperin.go.id/artikel/12951/Penggunaan-SumberDaya-Alam-Tingkatkan-Nilai-Tambah https://ilmuseni.com/seni-rupa/kerajinan-tangan/macam-macamkerajinan-tangan-dari-bahan-alam |
|
Menentukan bahan, alat, dan teknik yang digunakan untuk membuat karya 2D |
11 |
||||
Menentukan konsep karya untuk membuat karya 2D dari bahan, alat dan teknik yang dipilih |
|
12 |
|||
Merealisasikan konsep karya 2D dengan tema yang ditentukan |
|
13 |
|||
Memaparkan karya 2D |
|
14 |
|||
|
|
|
|
|
|
TABEL Rancangan Kegiatan Pembelajaran Fase E
SEMESTER 2
CP (Target
Pembelajaran) |
TEMA |
Kegiatan |
Link |
Pertemuan |
Literasi
tambahan |
Mengalami • A.3 Mengamati, merekam dan
mengumpulkan pengalaman dan informasi rupa. Merefleksikan • R.1 Menghargai dan memahami
pengalaman estetik dan pembelajaran artistik. Berpikir
dan Bekerja Artistik • BBA.2 Memiliki kepekaan untuk
merespon dan menyambut tantangan dan kesempatan di lingkungannya. Berdampak • D.1 Memilih, menganalisa dan
menghasilkan karya yang berdampak pada pembentukan karakter dan kepribadian
diri sendiri maupun orang lain. |
Unit 6: Merekam Pengalaman, Proses Kreatif, dan Referensi Karya dalam Jurnal Visual |
Konsep Dokumentasi dan Jurnal
Visual, Teknik Dokumentasi Karya Seni Rupa, Aspek Ragam dan bentuk Informasi
yang perlu Didokumentasikan |
1 |
https://www.blendspace.com/lessons/uLdgFk_JB72ePQ/visualjournaling https://www.verbaltovisual.com/visual-journaling-for-sketchnoterscreate-a-personal-playground/ https://yourvisualjournal.com/start-here-visual-journal/ https://suaidinmath.wordpress.com/2015/01/22/model-modelpembelajaran-dan-langkah-langkahnya/ https://yourvisualjournal.com/art-journal/ https://artfulhaven.com/how-to-start-an-art-journal/ https://mymodernmet.com/art-journal-ideas/ https://theartofeducation.edu/2018/07/10/how-to-get-your-studentsto-enjoy-visual-journaling/ https://ally-twarog.weebly.com/uploads/5/5/4/0/5540177/visual_journal_lesson_plan.pdf |
|
Praktik Mendokumentasikan Karya Seni
Rupa |
Penilaian Akhir Tes Diri (Self
Assesssment) |
2 |
|||
Mengalami • A.3 Mengamati, merekam dan
mengumpulkan pengalaman dan informasi serupa. Menciptakan • C.2
Merekonstruksi bentuk sesuai dengan makna visual dan makna simbolik
karya seni rupa dalam berbagai aliran, gaya serta visi penciptaan. Merefleksikan • R.1 Menghargai dan memahami
pengalaman estetik dan pembelajaran artistik. • R.2 Mengamati, memberikan penilaian
dan membuat hubungan antara karya pribadi dan orang lain sebagai bagian dari
proses berpikir tingkat tinggi dan
bekerja artistik. Berpikir
dan Bekerja Artistik • BBA.3 Menghasilkan karya kreatif dan
inovatif, baik aplikatif maupun ekspresif sebagai bagian dari berpikir
kritis, merasakan dan menghayati serta menuangkan gagasan secara sistematis
dan teknologis. • BBA.4 Meninjau dan memperbarui karya
pribadi. Berdampak • D.1 Memilih, menganalisa dan
menghasilkan karya yang berdampak pada pembentukan karakter dan kepribadian
diri sendiri maupun orang lain. • D.2 Mengaitkan gagasan dan temuan
berpikir kritis terhadap matapelajaran yang lain sebagai korelasi fisik,
sistem dan nilai untukpengembangan diri serta menguatkan kearifan lokal. |
Unit 7: Aplikasi Seni dan Desain dalam Kehidupan Sehari-hari (Konsep Design Thinking) |
Konsep Design Thinking dalam
Membahas Isu-isu yang ada di sekitar kita |
3 |
http://sixsigmaindonesia.com/category/lean-six-sigma/ https://www.brainpickings.org/2014/01/29/carol-dweck-mindset/ https://www.un.org/esa/socdev/rwss/2016/full-report.pdf https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/upaya-mengakselerasipemerataan-pendidikan-di-indonesia https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/membudayakan-senidalam-kehidupan-sehari-hari/ https://medicine-man.net/2017/11/07/how-does-design-effect-ourlives/ https://www.business2community.com/web-design/how-design-impacts-your-daily-life-02140797 |
|
Tahapan Berpkir Kritis untuk
Mengatasi Permasalahan |
4 |
||||
Pemaparan kondisi permasalahan di
sekitar kita yang membutuhkan solusi dengan pendekatan seni rupa |
|
5 |
|||
Menciptakan • C.1 Menggunakan aneka media, bahan, alat, teknologi dan
proses dengan keterampilan, kemandirian dan keluwesan yang makin meningkat
untuk menciptakan atau mengembangkan karyanya. • C.2
Merekonstruksi bentuk sesuai dengan makna visual dan makna simbolik
karya seni rupa dalam berbagai aliran, gaya serta visi penciptaan. • C.3 Memilih, menggunakan dan/atau
menggabungkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses yang sesuai
dengan tujuan karyanya. Merefleksikan • R.1 Menghargai dan memahami
pengalaman estetik dan pembelajaran artistik. • R.2 Mengamati, memberikan penilaian
dan membuat hubungan antara karya pribadi dan orang lain sebagai bagian dari
proses berpikir tingkat tinggi dan
bekerja artistik. Berpikir
dan Bekerja Artistik • BBA.3 Menghasilkan karya kreatif dan
inovatif, baik aplikatif maupun ekspresif sebagai bagian dari berpikir
kritis, merasakan dan menghayati serta menuangkan gagasan secara sistematis
dan teknologis. • BBA.4 Meninjau dan memperbarui karya
pribadi. Berdampak • D.1 Memilih, menganalisa dan
menghasilkan karya yang berdampak pada pembentukan karakter dan kepribadian
diri sendiri maupun orang lain. • D.2 Mengaitkan gagasan dan temuan
berpikir kritis terhadap mata pelajaran yang lain sebagai korelasi fisik,
sistem dan nilai untuk pengembangan diri serta menguatkan kearifan lokal. |
Unit 8: Membuat Mockup/Prototipe/Sketsa Awal |
Implementasi Tahapan Design Thinking
dalam proses pembuatan mockup/prototipe/sketsa awal |
(lihat lagi materi unit 7) |
6 |
https://sis.binus.ac.id/2019/04/09/prototyping-strategies/ https://lancangkuning.com/post/13386/tahapan-pembuatan-prototypeproduk-atau-jasa-secara-umum.html |
Praktek Pembuatan Mockup/
Prototipe/Sketsa Awal rencana Uji Publik |
7 |
||||
Pemaparan Mockup/Prototipe/ Sketsa
Awal dan Rencana Uji Publik |
|
8 |
|||
Mengalami • A.1. Mengalami, merasakan, merespon,
dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai
budaya era. • A.2 Eksplorasi aneka media,
bahan, alat, teknologi dan proses. • A.3 Mengamati, merekam dan
mengumpulkan pengalaman dan informasi serupa. Merefleksikan • R.1 Menghargai dan memahami
pengalaman estetik dan pembelajaran artistik. • R.2 Mengamati, memberikan penilaian dan
membuat hubungan antara karya pribadi dan orang lain sebagai bagian dari
proses berpikir tingkat tinggi dan
bekerja artistik. |
Unit 9: Model Pembelajaran Seni Terpadu |
Definisi Seni Terpadu, Tujuan
Implementasi Seni Terpadu dalam proses pembelajaran, Konsep
dan Model Pembelajaran Seni Terpadu |
9 |
https://www.youtube.com/watch?v=g0zHsjoht7Y |
|
Menganalisis karya seni rupa dengan
model pembelajaran terpadu |
10 |
||||
Mengalami • A.1. Mengalami, merasakan, merespon,
dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai
budaya era. • A.2 Eksplorasi aneka media,
bahan, alat, teknologi dan proses. • A.3 Mengamati, merekam dan
mengumpulkan pengalaman dan informasi serupa. Menciptakan • C.1 Menggunakan aneka media, bahan, alat, teknologi dan
proses dengan keterampilan, kemandirian dan keluwesan yang makin meningkat
untuk menciptakan atau mengembangkan karyanya. • C.2
Merekonstruksi bentuk sesuai dengan makna visual dan makna simbolik
karya seni rupa dalam berbagai aliran, gaya serta visi penciptaan. • C.3 Memilih, menggunakan dan/atau
menggabungkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses yang sesuai
dengan tujuan karyanya. Merefleksikan • R.1 Menghargai dan memahami
pengalaman estetik dan pembelajaran artistik. • R.2 Mengamati, memberikan penilaian
dan membuat hubungan antara karya pribadi dan orang lain sebagai bagian dari
proses berpikir tingkat tinggi dan
bekerja artistik. Berpikir
dan Bekerja Artistik • BBA.1 Menghasilkan, mengembangkan, menciptakan,
mereka ulang/merekonstruksi dan mengkomunikasikan ide dengan menggunakan dan
menghubungkan hasil proses Mengalami, Menciptakan dan Merefleksikan. • BBA.2 Memiliki kepekaan untuk
merespon dan menyambut tantangan dan kesempatan di lingkungannya. • BBA.3 Menghasilkan karya kreatif dan
inovatif, baik aplikatif maupun ekspresif sebagai bagian dari berpikir
kritis, merasakan dan menghayati serta menuangkan gagasan secara sistematis
dan teknologis. • BBA.4 Meninjau dan memperbarui karya
pribadi. Berdampak • D.1 Memilih, menganalisa dan
menghasilkan karya yang berdampak pada pembentukan karakter dan kepribadian
diri sendiri maupun orang lain. • D.2 Mengaitkan gagasan dan temuan
berpikir kritis terhadap mata pelajaran yang lain sebagai korelasi fisik, sistem
dan nilai untuk pengembangan diri serta menguatkan kearifan lokal. |
Unit 10: Publikasi Karya Seni Rupa |
Definisi Publikasi Karya Seni Rupa, Fungsi Publikasi Karya Seni Rupa, Jenis Publikasi Karya Seni Rupa |
11 |
https://serupa.id/pameran-seni-rupa/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/galerinasional/pameran-tetapkoleksi-galeri-nasional-indonesia/ |
|
Mempersiapkan Rancangan Materi dan teknis Publikasi Karya dan Melakukan investigasi
persiapan publikasi karya |
12 |
||||
Persiapan laporan akhir dari Uji PUblik Publikasi Karya |
|
13 |
|||
Evaluasi akhir dan penyusunan laporan uji publik dari hasil Publikasi Karya |
|
14 |
|||
|
|
|
|
|
|
TABEL RANCANGAN KEGIATAN
PEMBELAJARAN FASE F
CP |
Target
Materi |
Kegiatan |
Pertemuan
|
Link |
Literasi
tambahan |
SEMESTER
1 |
|
||||
CP 1. Menggunakan kemampuan, kekuatan dan potensi
diri dalam bekerja secara individu maupun berkelompok untuk
menciptakan karya yang memiliki dampak bagi pribadi atau lingkungan sosialnya. |
Merekam
dan Mempresentasikan
proses kreatif karyanya |
Unit 1.
Menciptakan Karya Seni Rupa Yang Berdampak Bagi Lingkungan Sosial. |
|
Menggunakan Model Pembelajaran Proyek |
|
1.1 Memahami
Masalah di Lingkungan Sekitar Sekolah. a) Observasi
Masalah di Lingkungan Sekolah b) Identifikasi
Masalah Menggunakan Teknik Mind Map. |
2 |
MATERI_Subunit 1.1 Memahami Masalah di Lingkungan Sekitar Sekolah |
https://blog.ruangguru.com/belajar-cepat-dengan-mindmaphttps://blog.ruangguru.com/ |
||
1.2 Merancangan Karya Seni Rupa. |
1 |
||||
1.3 Membuat Karya Seni
Rupa. |
3 |
FORMAT DOKUMENTASI PROSES PEMBUATAN KARYA |
|||
1.4 Uji publik Karya |
1 |
MATERI_Subunit 1.4 dan 1.5 Presentasi Proses Kreatif
Berkarya |
|||
1.5 Presentasi Hasil Uji Publik karya |
1 |
Presentasi
karya |
|||
CP 2. Menciptakan karya yang menunjukkan pilihan
keterampilan, medium dan pengetahuan elemen seni rupa atau prinsip desain tertentu. |
Mengamati
dan mendeskripsikan pesan,
elemen rupa, bahan, teknik, tema serta efektivitas pesan, bahan, teknik atau
tema dalam sebuah karya |
Unit 2. Apresiasi seni rupa. |
|
model Instruksi Langsung (direct instruction) |
|
2.1. Mengenal Teknik
Apresiasi Seni Rupa. |
1 |
https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ |
|||
2.2. Apresiasi Seni Rupa Indonesia. |
2 |
||||
2.3. Apresiasi Seni Rupa Mancanegara |
1 |
|
|||
Menerapkan
dan mengembangkan karya
dari seniman, budaya, gaya atau era tertentu dalam karya. |
Unit 3.
Membuat Karya. |
|
|
|
|
3.1. Membuat Karya Yang Dikembangkan Dari Hasil Apresiasi. |
3 |
|
https://galeri-nasional.or.id/collection https://www.biennalejogja.org/tentang-biennale-jogja/ https://www.senibudaya.web.id/2016/01/hal-hal-yang-harus-diperhatikandalam.html |
||
3.2. Apresiasi Karya Teman Sekelas |
1 |
|
|||
SEMESTER
2 |
|
||||
CP 3. Menyadari keterlibatan seni rupa
dalam kehidupan sehari-hari, ditandai dengan kemampuan mencipta, mengapresiasi
dan meninjau karya seni berdasarkan perasaan, empati dan penilaian pada karya
seni tersebut |
Menciptakan
karya yang
memiliki muatan
emosional atau
merespon peluang
dan tantangan
dalam kehidupan
seharhari |
Unit 4.
Membuat Karya Ekspresi Personal. |
|
Unit 4. Membuat Karya Ekspresi Personal
ini merupakan pembelajaran tentang
perjalanan proses kreatif peserta didik dari mulai mengenali berbagai
aktivitas penemuan melalui video yang dipilih dan bahan bacaan sesuai dengan
topik yang disajikan |
|
4.1. Mengenal Proses Kreatif. |
1 |
||||
4.2. Eksplorasi Ide, Teknik, Dan Media dua dimensi. |
2 |
|
|||
4.3. Membuat Karya dua dimensi. |
3 |
Berkarya 2d dari eksplorasi ekspresi
personal |
|||
4.4. Presentasi Karya. |
2 |
|
|||
CP 4 Melihat keterhubungan, tantangan
dan peluang antar keilmuan seni maupun
dengan bidang keilmuan lainnya. |
Menciptakan
karya yang
berkolaborasi dengan,
terinspirasi dari
atau menunjang
disiplin keilmuan
lain |
Unit 5.
Menggambar Ilustrasi Deskriptif. |
|
|
|
5.1. Komunikasi Gambar. |
1 |
|
|||
5.2. Memilih materi pelajaran lain sebagai obyek gambar. |
2 |
Praktik menggambar ilustrasi |
|||
5.3. Membuat ilustrasi deskriptif. |
3 |
|
|||
5.4. Publikasi Karya. |
2 |
|
|||
|
|
|
|
|
|
Sumber on line:
Editorial Jurnal Pendidikan dan
Kebudayaan http://www.depdiknas.go.id
http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/11/quantum-learning-286173.html
https://ibnufajar75.wordpress.com/2014/05/31/model-modelpembelajaran-yang-sesuai-dengan-kurikulum
https://pakarkomunikasi.com/fungsi-seni-sebagai-sarana-komunikasi
https://saintif.com/presentasi-adalah/
https://serupa.id/apresiasi-seni-dan-interpretasi/
https://serupa.id/gambar-ilustrasi-pengertian-ontologi-jenis-fungsi-contoh/
https://serupa.id/model-pembelajaran-pengertian-ciri-jenis-macam-contoh/
https://serupa.id/seni-rupa-2-dimensi-pengertian-contoh/
https://serupa.id/seni-rupa-pengertian-fungsi-wujud-dsb/
https://www.dosenpendidikan.co.id/ilustrasi-adalah/
https://www.gurupendidikan.co.id/presentasi/
Post a Comment