TABEL Rancangan Kegiatan Pembelajaran Fase E

SEMESTER 1

CP

(Target Pembelajaran)

Topik

Kegiatan

Link materi dan LKS

Pertemuan

Literasi tambahan

Mengalami

• A.1. Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya era

• A.3 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi serupa.

Unit 1:

Pengenalan Seni Rupa Di Sekitar Kita

Definisi dan Fungsi Seni Rupa dalam Kehidupan Manusia

Pokok-pokok materi unit 1

1

https://serupa.id/seni-rupa-kontemporer/

https://serupa.id/seni-rupa-modern-penjelasan-para-ahli/

https://serupa.id/seni-rupa-pengertian-fungsi-wujud-dsb/

https://serupa.id/seni-rupa-tradisional-pengertian-sifat-ciri-sejarahdan-contoh/

Klasifikasi Karya Seni Rupa Berdasarkan Waktu Perkembangannya

Lembar Kerja Siswa unit 1

2

Mengalami

• A.1. Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya era.

• A.3 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi serupa.

Merefleksikan

• R.1 Menghargai dan memahami pengalaman estetik dan pembelajaran artistik.

• R.2 Mengamati, memberikan penilaian dan membuat hubungan antara karya pribadi dan orang lain sebagai bagian dari proses berpikir tingkat tinggi dan bekerja artistik.

Unit 2:

Mengamati dan Mendeskripsikan karya Seni Rupa

Pengalaman Mengamati Karya, Mendeskripsikan dan Menganalisis Karya Seni Rupa

Pokok-pokok materi unit 2

3

 

https://issuu.com/acip/docs/buku-seni-rupakita-fa/

 

https://pengajar.co.id/apresiasi-seni-rupa/

Mengetahui tempat-tempat Karya Seni Rupa dan cara mengapresiasi karya seni

Lembar kerja unit 2

4

Mengalami

• A.1. Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya era.

• A.2. Eksplorasi aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses.

• A.3 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi serupa.

Menciptakan

• C.1 Menggunakan  aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses dengan keterampilan, kemandirian dan keluwesan yang makin meningkat untuk menciptakan atau mengembangkan karyanya.

• C.3 Memilih, menggunakan dan/atau menggabungkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses yang sesuai dengan tujuan karyanya.

Merefleksikan

• R.1 Menghargai dan memahami pengalaman estetik dan pembelajaran artistik.

Unit 3:

Pengenalan Aneka Bahan dan Teknik Berkarya 2D

Definisi, Fungsi, Unsur dan Ragam Karya 2D

Pokok Materi Unit 3

5

https://serupa.id/seni-rupa2-dimensi-pengertian-contoh/

 

https://serupa.id/pengertian-menggambar-jenis-teknik-alat-pendapat-ahli/

Bahan dan Alat yang digunakan dalam Karya 2D, bahan dari sekitar yang dapat digunakan untuk Membuat karya 2D

Lembar Kerja Unit 3

6

Membuat Karya 2D dengan Bahan Temuan

 

7

Mengalami

• A.2 Eksplorasi  aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses.

Menciptakan

• C.1 Menggunakan  aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses dengan keterampilan, kemandirian dan keluwesan yang makin meningkat untuk menciptakan atau mengembangkan karyanya.

• C.3 Memilih, menggunakan dan/atau menggabungkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses yang sesuai dengan tujuan karyanya.

Berpikir dan Bekerja Artistik

• BBA.1 Menghasilkan, mengembangkan, menciptakan, mereka ulang/merekonstruksi dan mengkomunikasikan ide dengan menggunakan dan menghubungkan hasil proses Mengalami, Menciptakan dan Merefleksikan.

• BBA.2 Memiliki kepekaan untuk merespon dan menyambut tantangan dan kesempatan di lingkungannya.

• BBA.3 Menghasilkan karya kreatif dan inovatif, baik aplikatif maupun ekspresif sebagai bagian dari berpikir kritis, merasakan dan menghayati serta menuangkan gagasan secara sistematis dan teknologis.

Unit 4:

Konsep Eksplorasi dan Eksperimentasi Karya SeniRupa

Konsep Eksperimentasi dan

Eksplorasi dalam Membuat

Karya Seni Rupa

Pokok Materi Unit 4

8

https://www.dosenpendidikan.co.id/gambar-nirmana/

 

https://serupa.id/nirmana/

 

https://www.pelajaran.co.id/2020/09/nirmana.html

PIlihan-pilihan kegiatan untuk

mengenal alat, teknik, proses

dan teknologi yang akan dipakai dalam berkarya:

1. pengenalan konsep10

kesetaraan,

2. wacana setara,

3. latihan penggunaan elemen seni rupa

 

LEMBAR KERJA UNIT 4: eksplorasi elemen SR

9

Mengalami

• A.1. Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya era.

• A.2 Eksplorasi  aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses.

Menciptakan

• C.1 Menggunakan  aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses dengan keterampilan, kemandirian dan keluwesan yang semakin meningkat untuk menciptakan atau mengembangkan karyanya.

• C.3 Memilih, menggunakan dan/atau menggabungkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses yang sesuai dengan tujuan karyanya.

Berpikir dan Bekerja Artistik

• BBA.2 Memiliki kepekaan untuk merespon dan menyambut tantangan dan kesempatan di lingkungannya.

Unit 5:

Kreasi Karya Seni Rupa 2D

Pilihan-pilihan kegiatan untuk

latihan merealisasikan konsep

karya 2D

Pokok-pokok materi unit 5

10

http://std-bali.ac.id/blog/mengenal-seni-mandala-designinpiration.html#.X81bmOkzaRs

 

https://www.kemenperin.go.id/artikel/12951/Penggunaan-SumberDaya-Alam-Tingkatkan-Nilai-Tambah

 

https://ilmuseni.com/seni-rupa/kerajinan-tangan/macam-macamkerajinan-tangan-dari-bahan-alam

 

https://bukabukumu.com/kerajinan-dari-bahan-alam/

Menentukan bahan, alat, dan

teknik yang digunakan untuk

membuat karya 2D

Lembar Kerja Siswa unit 5

11

Menentukan konsep karya

untuk membuat karya 2D dari

bahan, alat dan teknik yang dipilih

 

12

Merealisasikan konsep karya

2D dengan tema yang ditentukan

 

13

Memaparkan karya 2D

 

14

 

 

 

 

 

 

 

TABEL Rancangan Kegiatan Pembelajaran Fase E

SEMESTER 2

CP

(Target Pembelajaran)

TEMA

Kegiatan

Link

Pertemuan

Literasi tambahan

Mengalami

• A.3 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan

informasi rupa.

Merefleksikan

• R.1 Menghargai dan memahami pengalaman  estetik dan pembelajaran artistik.

Berpikir dan Bekerja Artistik

• BBA.2 Memiliki kepekaan untuk merespon dan menyambut tantangan dan kesempatan di lingkungannya.

Berdampak

• D.1 Memilih, menganalisa dan menghasilkan karya yang berdampak pada pembentukan karakter dan kepribadian diri sendiri maupun orang lain.

Unit 6:

Merekam Pengalaman, Proses Kreatif, dan Referensi

Karya dalam Jurnal Visual

Konsep Dokumentasi dan Jurnal Visual, Teknik Dokumentasi Karya Seni Rupa, Aspek Ragam dan bentuk Informasi yang perlu

Didokumentasikan

Pokok-pokok materi unit 6

1

https://www.blendspace.com/lessons/uLdgFk_JB72ePQ/visualjournaling

https://westport.oneriverschool.com/nell-waters/event/march-breakcamps/visual-journal-summer-2020-teen-1-2-2/

https://www.verbaltovisual.com/visual-journaling-for-sketchnoterscreate-a-personal-playground/

https://yourvisualjournal.com/start-here-visual-journal/

https://suaidinmath.wordpress.com/2015/01/22/model-modelpembelajaran-dan-langkah-langkahnya/

https://yourvisualjournal.com/art-journal/

https://artfulhaven.com/how-to-start-an-art-journal/

https://mymodernmet.com/art-journal-ideas/

https://theartofeducation.edu/2018/07/10/how-to-get-your-studentsto-enjoy-visual-journaling/

https://ally-twarog.weebly.com/uploads/5/5/4/0/5540177/visual_journal_lesson_plan.pdf

Praktik Mendokumentasikan Karya Seni Rupa

Penilaian Akhir Tes Diri (Self Assesssment)

Lembar kerja siswa unit 6

2

Mengalami

• A.3 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan

informasi serupa.

Menciptakan

• C.2  Merekonstruksi bentuk sesuai dengan makna visual dan makna simbolik karya seni rupa dalam berbagai aliran, gaya serta visi penciptaan.

Merefleksikan

• R.1 Menghargai dan memahami pengalaman  estetik dan pembelajaran artistik.

• R.2 Mengamati, memberikan penilaian dan membuat hubungan antara karya pribadi dan orang lain sebagai bagian dari proses berpikir tingkat tinggi  dan bekerja artistik.

Berpikir dan Bekerja Artistik

• BBA.3 Menghasilkan karya kreatif dan inovatif, baik aplikatif maupun ekspresif sebagai bagian dari berpikir kritis, merasakan dan menghayati serta menuangkan gagasan secara sistematis dan teknologis.

• BBA.4 Meninjau dan memperbarui karya pribadi.

Berdampak

• D.1 Memilih, menganalisa dan menghasilkan karya yang berdampak pada pembentukan karakter dan kepribadian diri sendiri maupun orang lain.

• D.2 Mengaitkan gagasan dan temuan berpikir kritis terhadap matapelajaran yang lain sebagai korelasi fisik, sistem dan nilai untukpengembangan diri serta menguatkan kearifan lokal.

Unit 7:

Aplikasi Seni dan Desain dalam Kehidupan Sehari-hari

(Konsep Design Thinking)

Konsep Design Thinking dalam Membahas Isu-isu yang ada di sekitar kita

Pokok-pokok materi unit 7

3

http://sixsigmaindonesia.com/category/lean-six-sigma/

https://www.brainpickings.org/2014/01/29/carol-dweck-mindset/

https://www.un.org/esa/socdev/rwss/2016/full-report.pdf

https://www.nurturedevelopment.org/asset-based-communitydevelopment/#:~:text=Asset%20Based%20Community%20Development%20builds,on%20identifying%20and%20servicing%20needs.

https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/upaya-mengakselerasipemerataan-pendidikan-di-indonesia

https://www.merdeka.com/jatim/macam-macam-seni-serta-fungsinyadalam-kehidupan-sehari-hari-anda-wajib-tahu-kln.html

https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/membudayakan-senidalam-kehidupan-sehari-hari/

https://belajargiat.id/seni/

https://medicine-man.net/2017/11/07/how-does-design-effect-ourlives/

https://www.business2community.com/web-design/how-design-impacts-your-daily-life-02140797

 

Tahapan Berpkir Kritis untuk Mengatasi Permasalahan

Lembar Kerja Siswa Unit 7

4

Pemaparan kondisi permasalahan di sekitar kita yang membutuhkan solusi dengan pendekatan seni rupa

 

5

Menciptakan

• C.1 Menggunakan  aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses dengan keterampilan, kemandirian dan keluwesan yang makin meningkat untuk menciptakan atau mengembangkan karyanya.

• C.2  Merekonstruksi bentuk sesuai dengan makna visual dan makna simbolik karya seni rupa dalam berbagai aliran, gaya serta visi penciptaan.

• C.3 Memilih, menggunakan dan/atau menggabungkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses yang sesuai dengan tujuan karyanya.

Merefleksikan

• R.1 Menghargai dan memahami pengalaman  estetik dan pembelajaran artistik.

• R.2 Mengamati, memberikan penilaian dan membuat hubungan antara karya pribadi dan orang lain sebagai bagian dari proses berpikir tingkat tinggi  dan bekerja artistik.

Berpikir dan Bekerja Artistik

• BBA.3 Menghasilkan karya kreatif dan inovatif, baik aplikatif maupun ekspresif sebagai bagian dari berpikir kritis, merasakan dan menghayati serta menuangkan gagasan secara sistematis dan teknologis.

• BBA.4 Meninjau dan memperbarui karya pribadi.

Berdampak

• D.1 Memilih, menganalisa dan menghasilkan karya yang berdampak pada pembentukan karakter dan kepribadian diri sendiri maupun orang lain.

• D.2 Mengaitkan gagasan dan temuan berpikir kritis terhadap mata pelajaran yang lain sebagai korelasi fisik, sistem dan nilai untuk pengembangan diri serta  menguatkan kearifan lokal.

Unit 8:

Membuat

Mockup/Prototipe/Sketsa Awal

Implementasi Tahapan Design Thinking dalam proses pembuatan mockup/prototipe/sketsa awal

(lihat lagi materi unit 7)

Pokok-pokok materi unit 8

6

https://sis.binus.ac.id/2019/04/09/prototyping-strategies/

 

https://lancangkuning.com/post/13386/tahapan-pembuatan-prototypeproduk-atau-jasa-secara-umum.html

 

https://tedas.id/pendidikan/publik/pengertian-prototype/

Praktek Pembuatan Mockup/ Prototipe/Sketsa Awal rencana Uji Publik

Asesmen dan lembar kerja siswa unit 8

7

Pemaparan Mockup/Prototipe/ Sketsa Awal dan Rencana Uji Publik

 

8

Mengalami

• A.1. Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya era.

• A.2 Eksplorasi  aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses.

• A.3 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan

informasi serupa.

Merefleksikan

• R.1 Menghargai dan memahami pengalaman  estetik dan pembelajaran artistik.

• R.2 Mengamati, memberikan penilaian dan membuat hubungan antara karya pribadi dan orang lain sebagai bagian dari proses berpikir tingkat tinggi  dan bekerja artistik.

Unit 9:

Model Pembelajaran Seni Terpadu

Definisi Seni Terpadu, Tujuan Implementasi Seni Terpadu

dalam proses pembelajaran, Konsep dan Model Pembelajaran Seni Terpadu

Pokok-pokok materi unit 9

9

https://www.youtube.com/watch?v=g0zHsjoht7Y

 

Menganalisis karya seni rupa dengan model pembelajaran

terpadu

Penilaian; Tes Akhir (post test) tertulis

Lembar Kerja Siswa

10

Mengalami

• A.1. Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya era.

• A.2 Eksplorasi  aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses.

• A.3 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan

informasi serupa.

Menciptakan

• C.1 Menggunakan  aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses dengan keterampilan, kemandirian dan keluwesan yang makin meningkat untuk menciptakan atau mengembangkan karyanya.

• C.2  Merekonstruksi bentuk sesuai dengan makna visual dan makna simbolik karya seni rupa dalam berbagai aliran, gaya serta visi penciptaan.

• C.3 Memilih, menggunakan dan/atau menggabungkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses yang sesuai dengan tujuan karyanya.

Merefleksikan

• R.1 Menghargai dan memahami pengalaman  estetik dan pembelajaran artistik.

• R.2 Mengamati, memberikan penilaian dan membuat hubungan antara karya pribadi dan orang lain sebagai bagian dari proses berpikir tingkat tinggi  dan bekerja artistik.

Berpikir dan Bekerja Artistik

• BBA.1 Menghasilkan, mengembangkan, menciptakan, mereka ulang/merekonstruksi dan mengkomunikasikan ide dengan menggunakan dan menghubungkan hasil proses Mengalami, Menciptakan dan

Merefleksikan.

• BBA.2 Memiliki kepekaan untuk merespon dan menyambut tantangan dan kesempatan di lingkungannya.

• BBA.3 Menghasilkan karya kreatif dan inovatif, baik aplikatif maupun ekspresif sebagai bagian dari berpikir kritis, merasakan dan menghayati serta menuangkan gagasan secara sistematis dan teknologis.

• BBA.4 Meninjau dan memperbarui karya pribadi.

Berdampak

• D.1 Memilih, menganalisa dan menghasilkan karya yang berdampak pada pembentukan karakter dan kepribadian diri sendiri maupun orang lain.

• D.2 Mengaitkan gagasan dan temuan berpikir kritis terhadap mata pelajaran yang lain sebagai korelasi fisik, sistem dan nilai untuk pengembangan diri serta menguatkan kearifan lokal.

Unit 10:

Publikasi Karya Seni Rupa

Definisi Publikasi Karya Seni

Rupa, Fungsi Publikasi Karya

Seni Rupa, Jenis Publikasi

Karya Seni Rupa

Pokok-pokok materi unit 10

11

https://serupa.id/pameran-seni-rupa/

 

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/galerinasional/pameran-tetapkoleksi-galeri-nasional-indonesia/

Mempersiapkan Rancangan

Materi dan teknis Publikasi

Karya dan Melakukan investigasi persiapan publikasi karya

Lembar Kerja Siswa

Penilaian; Tes Akhir (post test) Tertulis

12

Persiapan laporan akhir dari

Uji PUblik Publikasi Karya

 

13

Evaluasi akhir dan penyusunan

laporan uji publik dari hasil

Publikasi Karya

 

14

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TABEL RANCANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN FASE F

CP

Target Materi

Kegiatan

Pertemuan

Link

Literasi tambahan

SEMESTER 1

 

CP 1.

Menggunakan kemampuan, kekuatan dan potensi diri dalam bekerja secara

individu maupun berkelompok untuk menciptakan karya yang memiliki dampak bagi pribadi atau lingkungan sosialnya.

Merekam dan

Mempresentasikan proses kreatif karyanya

Unit 1. Menciptakan Karya Seni Rupa Yang Berdampak Bagi Lingkungan Sosial.

 

Menggunakan

Model Pembelajaran Proyek

 

1.1  Memahami  Masalah di Lingkungan Sekitar Sekolah.

         a) Observasi Masalah di Lingkungan Sekolah

         b) Identifikasi Masalah Menggunakan Teknik Mind Map.

2

MATERI_Subunit 1.1 Memahami  Masalah di Lingkungan Sekitar Sekolah

 

FORM PENGAMATAN

https://blog.ruangguru.com/belajar-cepat-dengan-mindmaphttps://blog.ruangguru.com/

1.2  Merancangan  Karya Seni Rupa.

1

MATERI_Subunit 1.2 Perancangan Karya Seni Rupa

1.3  Membuat Karya Seni Rupa.

3

FORMAT DOKUMENTASI PROSES PEMBUATAN KARYA

 

FORMAT LAPORAN PROYEK

1.4  Uji publik Karya

1

MATERI_Subunit 1.4 dan 1.5 Presentasi Proses Kreatif Berkarya

1.5  Presentasi  Hasil Uji Publik karya

1

Presentasi karya

CP 2.

Menciptakan karya yang menunjukkan pilihan keterampilan, medium dan pengetahuan elemen seni rupa atau prinsip desain tertentu.

Mengamati dan

mendeskripsikan

pesan, elemen rupa, bahan, teknik, tema serta efektivitas pesan, bahan, teknik atau tema dalam sebuah

karya

Unit  2. Apresiasi seni rupa.

 

model Instruksi 

Langsung (direct instruction)

 

2.1. Mengenal Teknik  Apresiasi Seni Rupa.

1

MATERI_Subunit 2 Apresiasi Seni Rupa

http://galeri-nasional.or.id/

http://artjog.id/

http://galeri-nasional.or.id/

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/

follow: https://www.instagram.com/galerinasional/

follow : https://www.instagram.com/budayasaya/

2.2. Apresiasi Seni Rupa Indonesia.

2

FORMAT LAPORAN PRAKTIK APRESIASI KARYA SENI RUPA

2.3. Apresiasi Seni Rupa Mancanegara

1

 

Menerapkan dan

mengembangkan

karya dari seniman, budaya, gaya atau era tertentu dalam

karya.

Unit 3. Membuat Karya.

 

 

 

3.1. Membuat Karya Yang Dikembangkan Dari Hasil Apresiasi.

3

MATERI_Subunit 3

 

 

FORMAT lembar kerja_Unit 3

https://galeri-nasional.or.id/collection

https://www.biennalejogja.org/tentang-biennale-jogja/

https://www.senibudaya.web.id/2016/01/hal-hal-yang-harus-diperhatikandalam.html

3.2. Apresiasi Karya Teman Sekelas

1

 

SEMESTER 2

 

CP 3.

Menyadari keterlibatan seni rupa dalam kehidupan sehari-hari, ditandai dengan kemampuan mencipta, mengapresiasi dan meninjau karya seni berdasarkan perasaan, empati dan penilaian pada karya seni tersebut

Menciptakan karya

yang memiliki

muatan emosional

atau merespon

peluang dan

tantangan dalam

kehidupan seharhari

Unit 4. Membuat Karya Ekspresi Personal.

 

Unit 4. Membuat Karya Ekspresi Personal ini  merupakan pembelajaran tentang perjalanan proses kreatif peserta didik dari mulai mengenali berbagai aktivitas penemuan melalui video yang dipilih dan bahan bacaan sesuai dengan topik yang disajikan

 

4.1. Mengenal Proses Kreatif.

1

MATERI_ Sub Unit 4

https://youtu.be/CoU_G9EwdXk

http://galeri-nasional.or.id/collection

https://www.biennalejogja.org/tentang-biennale-jogja/

4.2. Eksplorasi Ide, Teknik, Dan Media dua dimensi.

2

 

4.3. Membuat Karya dua dimensi.

3

Berkarya 2d dari eksplorasi ekspresi personal

4.4. Presentasi Karya.

2

 

CP 4

Melihat keterhubungan, tantangan dan

peluang antar keilmuan seni maupun dengan bidang keilmuan lainnya.

Menciptakan karya

yang berkolaborasi

dengan, terinspirasi

dari atau

menunjang disiplin

keilmuan lain

Unit 5. Menggambar Ilustrasi Deskriptif.

 

 

 

5.1. Komunikasi Gambar.

1

MATERI_ Sub Unit 5

 

5.2. Memilih materi pelajaran lain sebagai obyek gambar.

2

Praktik menggambar ilustrasi

5.3. Membuat ilustrasi deskriptif.

3

 

5.4. Publikasi Karya.

2

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber on line:

Editorial Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan http://www.depdiknas.go.id

https://docplayer.info/41605105-Pengantar-kreasi-dan-imajinasi-bukuprimadi-tabrani-kreativitas-humanitas-ned-herrmann-s-book-thecreative-brain.html

http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/11/quantum-learning-286173.html

https://ibnufajar75.wordpress.com/2014/05/31/model-modelpembelajaran-yang-sesuai-dengan-kurikulum

https://pakarkomunikasi.com/fungsi-seni-sebagai-sarana-komunikasi

https://saintif.com/presentasi-adalah/

https://serupa.id/apresiasi-seni-dan-interpretasi/

https://serupa.id/gambar-ilustrasi-pengertian-ontologi-jenis-fungsi-contoh/

https://serupa.id/model-pembelajaran-pengertian-ciri-jenis-macam-contoh/

https://serupa.id/seni-rupa-2-dimensi-pengertian-contoh/

https://serupa.id/seni-rupa-pengertian-fungsi-wujud-dsb/

https://www.dosenpendidikan.co.id/ilustrasi-adalah/

https://www.gurupendidikan.co.id/presentasi/

https://www.kajianpustaka.com/2013/07/metode-inkuiri.html

https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/09/pengertian-ilustrasi-fungsitujuan-jenis-teknik-contoh.html

Post a Comment